Kamis, 02 Januari 2020

Peduli dan berbagi kepada sesama


Peduli dan berbagi merupakan dua kata yang saling berkesinambungan atau memiliki keterkaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Dimana orang yang berbagi kepada sesame dapat dipastikan bahwa ia adalah orang yang peduli, begitupun sebaliknya orang yang peduli dapat dipastikan ia senang berbagi, baik dari harta, tenaga, wawasan dan ilmu pengetahuan ataupun hal-hal lainnya yang bisa dibagikan kepada orang lain sebagai bentuk dari rasa peduli.

Adapun kehidupan yang terjadi saat ini, dimana banyak sekali bencana alam yang mengakibatkan banyak orang kehilangan harta benda yang dimilikinya, bahkan ada juga yang  ditinggalkan oleh orang tuanya ataupun saudaranya meninggal. Begitupun dengan dampak lain yang ditimbulkan oleh bencana alam seperti lumpuhnya aktivitas ekonomi serta pendidikan bukan merupakan hal ynag ane jika bencana alam terjadi.

Bencana alam yang kerap kali melanda negeri ini bukanlah merupakan beban bagi orang-orang yang menjadi korban, melainkan hal tersebut adalah tugas bersama untuk menanggulangi bencana tersebut sampai keadaan benar-benar pulih dan stabil. Penanggulangan tersebut tidak akan tercapai tanpa adanya rasa peduli didalam hati kita semua, sebab itu mari kita tumbuhkan kepedulian kita terhadap sesama dengan membiasakan diri untuk berbagi walau hanya sedikit.

Selain bencana alam, kemiskinan dan keterbelakangan masih banyak terjadi di negeri ini, berdasarkan data terakhir jumlah warga yang miskin di indonesia klurang lebih mencapai 25 juta orang, jumlah tersebut merupakan jumlah yang cukup besar. Adapun tugas menangani kemiskinan bukanlah tugas pemerintahan saja, melainkan tugas kita bersama untuk mencari solusi bagaimana cara menumbuhkan perekonomian dan sumber daya manusia yang ada di Indonesia.

Dalam menanggapi setiap masalah-masalah sosial yang ada ditengah-tengah masyarakat adalah dengan menumbuhkan sikap peduli dalam diri kita. sebab, dengan peduli kita akan menumbuhkan sikap dan kebiasaan untuk berbagi dengan sesama. Dimana dengan kebiasaan berbagi yang sudah dimiliki, orang-orang bisa membagikan sedikti hartanya ataupun waktunya untuk sejenak membantu saudara-saudaranya yang sedang terkena masalah ataupun musibah.

Menyisihkan Sedikit Harta Dan Tenaga Untuk Berbagi

Segala hal yang ada didunia ini tidaklah memiliki sifat keabadia, semuanya pasti ada akhirnya dan pasti akan berakhir. Begitupun segala sesuatu yang berada ditangan kita pada hakikatnya bukanlah miliki kita, melainkan adalah titipan dari Allah swt. untuk dimanfaatkan serta dipergunakan dengan sebaik-baiknya, jika kita menggunakannya dengan sebaik-baiknya serta untuk kebermanfaatan orang banyak maka beruntunglah kita.

Adapun salah satu cara memanfaatkan harta yang kita miliki adalah menggunaknnya untuk berbgai kepada orang lain terlebih menolong orang lain yang sedang membutuhkan ataupun terkena dampak musibah. Dengan demikian harta yang kita miliki tidak habis hanya digunakan untuk makan, beli pakaian serta mewah-mewahan, akan tetapi ada sebagian orang juga yang merasakan manfaat dari harta yang kita miliki.

Selain harta kita juga memiliki tenaga, yang bisa digunakan untuk berbagai jenis aktivitas sehari-hari dari mulai bangun tidur hingga malam menjelang tidur. Tenagapun merupakan titipan yang harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dengan tenaga yang ada, kita juga bisa membantu menolong orang lain yang sedang membutuhkan pertolongan kita, misalkan menolong korban bencana, mendorong mobil, mengangkat baran orang dan lain sebagainya.

Setiap harta dan tenaga yang kita sisihkan untuk membantu orang lain merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Allah swt. yang telah memberikan berbagai nikmatnya kepada kita, baik dalam bentuk harta, kesehatan yang menghasilkan tenaga bagi kita maupun nikmat-nikmat lainnya. adapun dengan membagikan harta dan tenaga kita sebagai bentuk rasa syukur, maka harta dan tenaga kita akan bertambah, baik secara jumlahnya maupun berkahnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes